MUSIK TEKNOLOGI MIDI

Oktober 15, 2010

Mainkan style PSR Yamaha dari semua keyboard apa saja

Pada waktu saya membeli keyboard Yamaha PSR 1000, 8 tahun yang lalu, keyboard¬ yang memiliki Disk Drive ini sungguh serbaguna, baik untuk memainkan lagu-lagu dengan berbagai macam style yang tersedia dari keyboard nya sendiri ataupun style dari buatan sendiri atau yang beredar di internet. Style-style yang disimpan dalam disket dengan kapasitas 1,4 MB paling hanya menampung beberapa puluh style. Untuk keyboard Yamaha PSR seri terbarunya, seperti PSR 1500, PSR 3000, PSR S550, PSR S700, PSR S710, PSR S900, semuanya sudah memiliki alat simpan flash disk yang dapat menyimpan ratusan style dalam satu flash disk, lebih ringkas dan praktis tetapi dengan daya simpan yang lebih banyak.
Para pemilik keyboard Yamaha PSR 1000 atau yang seri lainnya yang masih menggunakan Disket sebagai penyimpan style atau MIDI file (lagu), berpikir bagaimana caranya supaya masih dapat menggunakan Flash Disk sebagai sarana penyimpan style-style atau MIDI file yang dimilikinya untuk bisa dimainkan pada keyboard nya yang tidak ada soket USB nya.
Kalau untuk memainkan MIDI atau lagu dari komputer/note book, kita bisa gunakan kabel MIDI USB dengan bantuan program sequencer atau pemutar audio seperti Windows Media Player, WinAmp, dll.
Tetapi untuk memainkan style-style yang ada di Flash Disk atau atau Hard Disk komputer/note book/laptop, dengan program sequencer atau audio player tidak bisa, harus ada program khusus untuk mensinkronkan komputer dengan keyboard Yamaha PSR supaya dapat memainkan style-style yang kita mainkan baik melalui keyboard ataupun dengan komputer.
Adakah program yang dimaksud tersebut? Tentu saja ada.
Sebelumnya, kita juga sudah mengetahui bahwa ada alat perantara Disk Drive to USB yang dipasang pada tempatnya Disk Drive dengan media simpan flash disk, alat ini harganya cukup mahal juga dan pemasangannya agak repot juga karena harus membuka bagian dari keyboard.

Jadi sebenarnya manfaat Kabel MIDI USB itu banyak juga untuk pemilik keyboard model lama yang belum ada fasilitas USB nya, yang penting keyboard nya harus ada soket MIDI OUT/IN untuk berkomunikasi dengan komputer/ laptop.

Info Kabel MIDI USB, kunjungi www.pelopor.com

1 Komentar »

  1. tanyak gan..software apa yg bisa memainkan file style/sty pada komputer..

    Komentar oleh ahmad luthfi — Agustus 31, 2013 @ 1:05 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: