MUSIK TEKNOLOGI MIDI

April 13, 2008

Kehadiran MIDI Percepat Revolusi Bunyi

Ketika seorang artis Imaniar melantunkan lagu Hasratku dan Ruth Sahanaya menyanyikan Astaga di TV sambil menebarkan senyum, beberapa pemain musik barangkali harus bersedih hati. Meski di latar belakang ada sejumlah pemain musik sedang beaksi, tapi mereka sekedar bergaya tanpa menimbulkan bunyi sesungguhnya.

Kesedihan para pemusik ini tentu beralasan. Mengingat musik lagu-lagu itu hanya dimainkan oleh satu orang saja. Pemusik yang lain, yang seharusnya memainkan alat? “Silakan tinggal di rumah saja!”

Dunia Musik memang sedang mengalami “revolusi”, dengan hadirnya komputer. Peralatan elektronika yang dianggap bisa menyaingi kemampuan otak manusia itu sudah semakin maju dan menjamah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk musik. Tidak mengherankan bila musik, yang semula dihasilkan oleh sumber suara instrumen akustik – yang mengandalkan prinsip resonansi – kini sudah bisa disimulasikan dengan rangkaian elektronik.

Ditambah lagi keinginan para musisi dan komposer untuk mensimulasikan berbagai jenis musik, baik natural maupun artifisial, membawa perkembangan musik elektronika menuju suatu produk sintesizer yang semula hanya dimainkan melalui keyboard. Perkembangan lebih jauh akhirnya melahirkan suatu sistem yang disebut MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Dengan sistem ini, berbagai suara yang ada pun bisa saling berkomunikasi.

“Meski demikian, yang paling utama tetap manusianya. Komputer dengan sistem MIDI, tidak bisa berbuat apa-apa tanpa manusia,” ujar seorang pemain musik yang kini berkecimpung dalam studio MIDI.
http://www.pelopor.com

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: